According to our faith in God, nothing is impossible, everything can happen because all that knowledge can be learned

Semarak Syiar Muharram 1440 H di MAN Kota Surabaya

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru 1 Muharram 1440 H, MAN Kota Surabaya melaksanakan kegiatan syiar Muharram. Kegiatan syiar ini dilaksanakan pada Senin (10/9) yang dikemas dalam bentuk pawai Muharram.
Kegiatan pawai ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai MAN Kota Surabaya. Dengan dresscode putih-putih, 1040 siswa beserta para guru dan pegawai menyusuri lingkungan sekitar madrasah untuk mensyiarkan datangnya 1 Muharram 1440 H.
Pawai ini tidak sekedar jalan kaki saja, namun diadakan pula perlombaan kreativitas siswa memaknai tahun baru ini. Setiap kelas menunjukkan kreativitas tersebut dengan membuat banner berisi kalimat hikmah datangnya Muharram dan miniatur kreasi kelas. Banner-banner tersebut dibentangkan masing-masing kelas juga sebagai tanda kelas masing-masing.
Selama pawai, siswa berjalan kaki sambil membaca sholawat dan lagu-lagu islami. Miniatur menarik disuguhkan dengan gaya berbeda di tiap kelas. Namun yang paling banyak adalah miniatur kabah, mulai dari ukuran kecil hingga yang ukuran besar. Mereka juga membagi-bagikan karya kelas berupa hiasan ondel-ondel ke warga yang mereka temui selama pawai. Hal ini membuat setiap anak kecil yang kebetulan bertemu berebut minta hiasan tersebut.
Dari data panitia pelaksanaan syiar ini, ada beberapa kriteria lomba syiar ini, yaitu ketertiban kelas saat jalan pawai, kreativitas mutiara hikmah yang dimunculkan di banner kelas, serta kreativitas miniatur islami. Dari beberapa kriteria tersebut maka muncullah kelas XI IPS 3 sebagai juara 1, XII Agama sebagai juara 2, dan XI MIPA 4 sebagai juara 3.
Terpilihnya kelas XI IPS 3 sebagai juara 1 karena miniatur kelas XI IPS 3 paling beda dari kelas yang lain. Mereka membuat miniatur berupa Unta dengan ukuran yang cukup besar sehingga mampu menarik hati para juri. (HMS)

No comments