According to our faith in God, nothing is impossible, everything can happen because all that knowledge can be learned

Pertandingan Bahasa arab MAN Kota Surabaya dengan SMKA Sharifah Rodziah Melaka Malaysia


Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Sabtu (8/9), MAN Kota Surabaya menerima kunjungan dari Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (SMKA) Sharifah Rodziah Melaka, Malaysia. Rombongan guru dan pelajar dari Malaysia yang terdiri dari 25 orang tersebut dipimpin langsung oleh kepala sekolahnya yaitu Tuan Haji Ismail Bin Mohmd. Para rombongan Malaysia ini  disambut oleh siswa kelas X Keagamaan dan siswa kelas XI Keagamaan MAN Kota Surabaya.
Kegiatan kunjungan yang diberi nama program pengantarabangsaan itu dimulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB. Acara seremonial diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan dua Negara, yaitu Indonesia Raya dan Negaraku untuk mempererat hubungan antara dua negara. Dilanjutkan dengan pembukaan, pembacaan ayat suci, tampilan ekstrakurikuler banjari MAN Kota Surabaya, dilanjutkan kegiatan siswa dua Negara dan diakhiri dengan penandatanganan MOU persahabatan dua sekolah/madrasah.
Banyak kegiatan yang dilakukan oleh para siswa dari dua negara ini mulai dari perkenalan antar siswa, cerdas cermat atau pertandingan dalam Bahasa arab hingga foto bersama. Dari kegiatan siswa ini yang paling menarik adalah pertandingan Bahasa arab. Para siswa MAN Kota Surabaya membentuk grup dimana satu anggotanya adalah pelajar dari Malaysia. Grup – grup itu bertanding untuk dua kategori pertandingan yaitu “ explorace” dan “kuiz Bahasa arab”.
“ Ada dua jenis lomba yang dipertandingkan pada pertandingan persahabatan ini, yaitu explorace dan kuiz Bahasa arab. Semua soal tentunya dalam Bahasa arab. Bahasa pengantar selama lomba juga dalam Bahasa arab. Soal – soal yang disusun oleh pihak Malaysia kami tidak tahu. Merekapun tidak tahu soal yang kami buat. Soal-soal tersebut kemudian disatukan dan dipilih sebagai soal dalam pertandingan ini,” urai M. Afif Farikhin, guru Bahasa arab MAN Kota Surabaya yang terlibat dalam program Pengantarabangsaan ini.

Memang telah disepakati bahwa soal yang dipertandingkan disusun sendiri-sendiri berdasarkan kisi-kisi soal yang telah disepakati. Kemudian disaat pertandingan soal-soal itu disatukan untuk dijadikan soal yang harus diselesaikan oleh para peserta pertandingan Bahasa arab.
Para siswa MAN Kota Surabaya pun terlihat antusias dengan kegiatan ini. Walau mereka disatukan dalam grup yang ada pelajar Malaysia nya , mereka tak terlihat canggung. Dengan cepat mereka berbaur dan berani adu Bahasa arab dengan mereka. Mereka juga terlihat senang karena memiliki teman baru dari Malaysia.
“ Kami senang sekali terlibat di kegiatan pengantarabangsaan ini karena memperoleh pengalaman baru. Punya teman baru. Bisa mengukur sampai mana kemampuan Bahasa arab kami. Dan yang paling seru kami sedikit-sedikit belajar Bahasa melayu. Selama ini kita kan tahunya Bahasa mereka dari TV saja. Nah, sekarang ini kami bisa berinteraksi langsung dari pemilik bahasanya. Meski ada beberapa kata yang berarti sama namun banyak juga yang memiliki arti berbeda dengan Bahasa Indonesia. Kami pun sering harus memperjelas maksud kami masing-masing supaya kami bisa mengetahui yang mereka sampaikan dan mereka pun melakukan hal yang sama. Pokoknya seru dan menyenangkan banget,” tutur Dewi, siswa kelas XI Keagamaan yang ikut menjadi peserta lomba Bahasa arab. (HMS)


No comments