Breaking News

Ekstra Jurnalistik MAN Kota Surabaya Gelar Pelatihan Penulisan Berita dan Desain Majalah


Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Ekstra jurnalistik MAN Kota Surabaya menggelar pelatihan penulisan berita dan desain majalah. Pelatihan yang dilaksanakan pada Kamis (26/4) sampai Jum’at(27/4) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota jurnalistik MAN Kota Surabaya dalam hal penulisan berita dan desain majalah.
Pelatihan yang diikuti oleh 30 siswa kelas X dan 30 siswa kelas XI ini mengundang Wijayanto, wartawan senior Radar Surabaya, dan 2 orang mahasiswa UINSA Surabaya sebagai narasumbernya. Bertiga mereka menularkan semua ilmu mengenai menulis berita dan bagaimana mendesain lay out cover dan halaman di majalah.
Dalam pelaksanaannya, pelatihan terbagi menjadi dua hari dengan 2 sesi per harinya. Sesi pertama diperuntukkan siswa kelas X sedangkan sesi kedua diperuntukkan siswa kelas XI. Pembagian sesi ini agar peserta lebih fokus dan dapat lebih mudah menyerap materi yang disampaikan. Hal ini karena pelatihan ini dikemas seperti workshop sehingga setelah penyampaian materi dan pemberian contoh, peserta pelatihan langsung praktek menyelesaikan tugas.

Hari pertama pelatihan (Kamis,26/4) para peserta pelatihan mendapat materi desain lay out majalah. Materi desain lay out ini disampaikan oleh Astari dan Juned, mahasiswa UINSA Surabaya dari jurusan Literasi. Berdua mereka telaten menularkan dan mengajari siswa-siswa MAN Kota Surabaya mengenai desain. Para peserta terlihat serius di laptop mereka masing-masing untuk mempraktekkan ilmu desain yang baru saja mereka terima untuk menyelesaikan tugas mendesain sebuah halaman berita.
Sedangkan di hari kedua yaitu hari ini ( Jum’at,27/4), giliran Wijayanto yang menjadi narasumbernya. Wijayanto membagi tips menulis yang baik dan mengajari para peserta bagaimana mengenai menulis berita yang layak untuk tampil di sebuah media massa. Kemudian para peserta diminta untuk membuat tulisan sendiri berdasarkan rambu-rambu yang telah disampaikan oleh Wijayanto,
Dari pelatihan ini, diharapkan para anggota jurnalistik MAN Kota Surabaya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis berita dan mendesain majalah. Hal ini disampaikan oleh Wiji Laelatul Jum’ah selaku Pembina ekstrakurikuler jurnalistik MAN Kota Surabaya.

“ MAN Kota Surabaya mempunyai majalah sekolah yang bernama AKSI. Tim redaksinya berasal dari siswa-siswa MAN Kota Surabaya. Oleh karena itu anak-anak yang terlibat dalam proses produksi majalah ini harus mempunyai bekal yang baik dalam hal menulis berita dan bagaimana mendesain lay out sebuah cover majalah atau halaman majalah. Intinya, kita memberi mereka bekal yang cukup untuk hal tersebut,” jelas Wiji Laelatul Jum’ah ketika disinggung mengenai tujuan pelatihan ini. (HMS)



No comments