According to our faith in God, nothing is impossible, everything can happen because all that knowledge can be learned

MAN Kota Surabaya Laksanakan Ujian Praktik Bagi Siswa Kelas XII


Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – MAN Kota Surabaya melaksanakan ujian praktik . Ujian praktik yang dilaksanakan mulai kemarin (Senin, 19/2) ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 320 dari program peminatan Keagamaan, IPA dan IPS.
Informasi yang diperoleh dari Mokh. Hasan Bisri, selaku wakil kepala madrasah bidang kurikulum, bahwa ada 13 mata pelajaran yang diujikan dalam ujian praktik tahun 2018 ini. Pelaksanaannya selama 5 hari mulai Senin (19/2) sampai Jum’at (23/2) yang diatur per hari tiga sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.00 sampai 09.30, sesi kedua pukul 10.00 sampai 12.30, dan sesi ketiga pukul 13.00 sampai 15.30.
“ Ada 13 mapel yang dipraktikkan di MAN Kota Surabaya, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Qur’an Hadits, Fiqih, Penjaskes, Fisika, Kimia, Biologi, PKWU, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, dan Sastra Indonesia. Pelaksanaannya di atur maksimal 3 mapel per hari per kelas. Dengan pengaturan seperti ini tiap kelas berbeda jadwal ujiannya,” jelas Hasan.






















Materi yang diujikan disesuaikan dengan mata pelajarannya. Seperti mapel Fiqih, yang diujikan adalah praktik merawat jenazah. Siswa praktik mulai memandikan, mengkafani, dan menyolati manekin yang diibaratkan sebagai jenazah. Untuk mapel Qur’an Hadits dan Ilmu Hadits, siswa setor hafalan Qur’an dan Hadits. Sedangkan untuk kimia, siswa praktik menentukan trayek pH larutan menggunakan delapan indikator.
 “ Untuk materi ujian praktik sepenuhnya disusun oleh guru mapelnya. Kompetensi apa yang akan ditagih sebagai bahan praktik disusun sendiri oleh gurunya. Jika satu mapel diampu oleh lebih satu guru maka bahan ujiannya tetap sama. Dengan demikian pemberian nilai menjadi kredibel karena standar yang digunakan sama,” jelas Hasan. (HMS)





No comments