Danramil Rungkut Jadi Pembina Upacara Bendera Pada 10 November

November 17, 2017
Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Senin (13/11), ada yang berbeda pada pelaksanaan upacara bendera di MAN Kota Surabaya. Bedanya upacara bendera kali ini yang menjadi pembinanya adalah Mayor Supriyo, Danramil Rungkut Surabaya.
Kehadiran Mayor Supriyo merupakan salah satu bentuk kegiatan madrasah dalam rangka memperingati hari pahlawan. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan mempertebal rasa cinta tanah air di hati para siswa MAN Kota Surabaya.
Dalam amanatnya, Mayor Supriyo menjelaskan banyak hal mengenai bela negara.
“ Kita hidup di Indonesia, berdasarkan 4 pilar, yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Pancasila adalah ideologi yang sesuai dengan bangsa Indonesia. Generasi muda jangan pernah mencoba ideologi bangsa lain untuk dipakai sebagai pedoman hidup berbangsa di Indonesia. Karena ideologi tersebut tidak akan sesuai dengan bangsa kita. Hanya Pancasila yang mampu mempersatukan keberagamaan suku, agama, budaya, bahasa dan perbedaan yang ada dikehidupan kita. Oleh karena itu, kita menganut bhineka tunggal ika. Meskipun kita berbeda tapi kita tetap satu, yaitu bangsa Indonesia,” jelas Mayor Supriyo.
“ Negara kita sangatlah luas. Membentang dari Sabang sampai Merauke. Namun semuanya tetap satu, dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Janganlah kalian terpikir untuk berusaha memisahkan diri dari Indonesia. Dengan kesatuan kita akan tetap jaya. Dengan memegang jiwa NKRI kita mampu berdiri menjadi bangsa yang unggul. Karena luasnya wilayah Indonesia, maka sangat perlu kita memiliki satu undang-undang sebagai aturan hidup berbangsa. Dan UUD 1945 adalah undang-undang yang paling sesuai dengan pribadi bangsa Indonesia, “lanjut Mayor Supriyo.
Di akhir amanatnya, Mayor Supriyo meminta siswa-siswa MAN Kota Surabaya untuk selalu mengamalkan 4 pilar hidup berbangsa bernegara. Memupuk terus jiwa cinta tanah air dan semangat nasionalisme. (HMS)

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »